Iseng Iseng Dapat Ilmu




                                                        بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Assalamualaikum sister dan brotherhood... kali ini aku mau sharing beberapa point persiapan untuk kalian yang ingin apply pekerjaan. Lebih tepat nya mungkin tips and trik kali yah. Insya Allah informasi ini cukup akurat sebab bedasarkan proses pelatihan, wawancara dan pengalaman ku yang ku rangkum. Insya Allah tulisan ini bisa membatu dan bermanfaat untuk kalian yang ingin mempersiapkan diri di dunia kerja. Oke langsung aja ke materi ya.

Pertama pertajam kemampuan softskill, bisa dibilang bakat yang kamu miliki atau kemampuan, kelebihan. Tapi  aku belum tau kan bakat ku apa, tenang kamu bisa memprediksi dari kegiatan apa yang kamu senang/sering lakukan, gampang nya jika kamu  melakukan itu bisa sampai berjam jam bahkan seharian contoh nya baca novel yang berlanjut pada bakat menulis. 

Ingat ya... diluar sana ada banyak lagi orang yang punya effort lebih yang akan jadi saingan kamu. Maka itu ayo cepat temukan keunggulan kamu!. Ih ko jadi serem gini sih... gpp kawan kadang cara merefleksi diri dengan manakuti nakuti diri sendiri justru lebih ampuh untuk sadar dan kembali semangat berusaha semaksimal.

Kedua perbanyak link/ jaringan. Penting banget loh buat kalian kenal banyak orang ditambah orang orang penting yang berbakat. Kerena dari mereka sedikit banyak kalian akan belajar pola kerja dan sistem kerja perusahaan. Bagus juga jika kalian bertanya pengalaman mereka  menjawab pertanyaan interview yang baik dan benar di perusahaan tersebut.

Bedasarkan dari pengalaman interview, pasti ditanya 'tau lowongan kerja ini dari siapa?', hmm sadar ga sadar secara ga langsung mereka menyakan 'kamu di perusahaan ini kenal siapa aja?' dan kalau dah gitu pastilah keuntungan punya kawan di perusahaan itu sedikit banyak kamu mengetahui informasi lebih detail dari pesaing lain karena teman mu itu. 

Ketiga pengalaman organisasi/kerja. Mejawab bagaimana sih dapet link atau jaringan yang kompeten? jawaban nya perbanyaklah ikuti kegiatan positif yang kamu senangi. Kegiatan positif seperti apa? ya itu organisasi kampus/luar kampus, klub olahraga, klum musik dll. 

Buat kamu fres graduate jagan sampai lupa persiapkan ini. Why? perusahaan tau jika kamu belum punya pengalaman atau jam terbang secara profesional maka itu pertanyaan pengantinya ialah di sekolah atau kampus ikut organisasi apa aja?, pernah ikut perlombaan apa?, pencapaian apa yang udah kamu buat?. Pertanyaan sejenis itu berpeluang besar akan dipertanyakan, so persiapkan deh jawaban itu dari sekarang. 

Sedikit nasihat, dengan kalian mau meluangkan waktu untuk kegiatan positif percaya deh itu adalah investasi kalian selain IPK dan ijazah. Tapi kalau aku banyak ikut organisasi nanti kuliah ku terbengkalai, gampang sakit karena kecapean, jadi banyak waktu buat orang lain dari pada keluarga.

Heyyyy dont worry!!. Kamu punya alasan kuat untuk bisa lakuin itu semua, what is that? YOUNG... Muda. Semangat para pemuda mampu menggunjangkan dunia, maka itu selagi muda perbanyak lakukan hal hal positif. Badan masih sehat, pikiran masih fresh, mental 45, itu dah lebih dari cukup untuk dijadikan alasan buat kamu bisa lebih banyak lagi ikuti kegiatan positif. Tinggal pinter pinter memanajemen waktu  aja. Sebab Ijazah hanya secarik kertas legitimasi.

Next, Gelar atau lulusan. Tak bisa dipungkiri nilai, IPK, Ijazah itu penting, penting banget malah. Tidak ada ini mana bisa ngelamar kerja. Betul, tapi ingat ibarat gizi makanan sehat, gelar ini ya bisa dibilang seperti nasi/ karbohidrat. Kalian ga mau kan menyajikan makanan hanya nasi putih ke tamu terhormat tanpa dihadirkan lauk lezat, sayur mayur , buah segar. 

Begitu juga ketika melamar pekerjaan, Gelar dan ijazah jelas dimiliki oleh kandidat lain, tinggal gimana kamu pandai menyajikan makanan pendukung lainnya yang enak, sehat dan fresh. Aduh ko jadi laper hehe. Ok back to topic, semoga perumpamaan tadi bisa dipahami ya.
Agar memiliki ciri khas, cobalah sedikit berbeda, biar deh pesaing mu miliki nilai atau bahkan menjadi lulusan terbaik tapi kamu punya keunggulan lain di pengalaman intership, organisasi, jaringan yang luas dan softskill. Yakin deh miliki kemampuan itu, ga perlu berpikir banyak untuk perusahaan bisa nerima kamu.

Kalimat akhir. dipenghujung kalimat ini, ada kata kata motivasi dari tokoh Buya Hamkah, beliau mengatakan

" Salah satu pengkerdilan terkejam dalam hidup adalah membiarkan pikiran cemerlang menjadi budak bagi tubuh yang malas, yang mendahulukan istirahat sebelum lelah."

Gimana nyentil kan, so ayo jangan buang buang waktu, mulailah lakukan dari hal terkecil dan terdekat dahulu. Sesungguhnya kemalasan itu amat sangat berbahaya tetapi jarang untuk disadari.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis Penutup Feature

Mudahnya Nila Kuliah di Luar Negeri dengan Jalur Beasiswa